There was a problem loading the comments.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Support Portal  »  Knowledgebase  »  Viewing Article

  Print
  • 19/06/2020 4:00 PM

Perbedaan HTTP dan HTTPS.


c63acf308dba2a26e93696363f06ad3b69053e3b?t=ff7089cfddb77b9f349afa4b1c26d79b



Halo Para Cloudku setelah sebelumnya kita membahas apa itu yang dimaksud dengan SSL. Lalu apakah yang disebut HTTP dan HTTPS? Apa perbedaannya? Lalu apa hubungannya dengan HTTP dan HTTPS apabila menggunakan sistem keamanan SSL? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab di artikel ini!

Website yang telah menggunakan sertifikat SSL akan berubah URLnya dari protokol HTTP ke HTTPS. Perbedaan HTTP dan HTTPS cukup berpengaruh bagi visitor di era digital saat ini. User awam biasanya mengenal sertifikat SSL dengan tanda HTTPS yang terdapat saat mengakses website tertentu.

HTTP (HyperText Transfer Protocol) dan HTTPS (HyperText Transfer Protocol Secure) adalah protokol yang didesain khusus untuk mentransfer informasi dari satu komputer ke komputer lain melalui jaringan internet. Perbedaan HTTP dan HTTPS yang paling mencolok adalah dengan penambahan huruf S (Secure).

Namun, HTTP merupakan versi yang tidak terenkripsi dengan aman. Absennya autentikasi membuat Anda tidak benar-benar tahu dengan siapa Anda berinteraksi selama berada di jaringan internet. Bisa saja, saat Anda sedang bertransaksi dengan seseorang, hacker sudah siap untuk menyimpan data-data penting Anda.

Penambahan satu huruf ini sangat penting karena hal tersebut berarti website telah dipasangi sertifikat SSL. Pemasangan sertifikat SSl ini menunjukkan komputer yang saling berhubungan telah setuju dengan sebuah kode yang mengahlau apapun yang berusaha membaca dan mengambil data yang mereka miliki.

Sebagai pemilik website tentu hal ini sangat membantu apabila Anda bertransaksi dengan klien Anda. Hal ini menjadi perhatian yang sangat serius apabila Anda memiliki website jenis e-commerce, karena Anda dan klien akan sering bertukar informasi penting seperti data pribadi, nomor rekening, dan sebagainya.

Maka dari itu mengingat betapa pentingnya SSL ini, Cloudku merekomendasikan untuk segara memasang SSL/TLS diwebsite Anda. Dengan begitu reputasi website Anda akan menjadi lebih baik di mata Google dan pengunjung website.
Selain itu, website yang memiliki sertifikat SSL juga punya potensi lebih tinggi untuk naik peringkat di hasil pencarian Google. Terakhir, yang terpenting adalah transfer data di website Anda menjadi semakin aman karena semua aktivitas datanya terenkripsi dengan aman. Semoga Artikel ini dapat membantu Anda mengenai masalah perbedaan HTTP dan HTTPS dan betapa pentingnya SSL untuk website Anda.Salam Cloudku!

Share via
Did you find this article useful?  

Related Articles


Comments

Add Comment

Replying to  

Captcha
© Cloudku Support Portal