There was a problem loading the comments.

Plugin Wordpress Yang Wajib Anda Install (2020)

Support Portal  »  Knowledgebase  »  Viewing Article

  Print
Halo para Cloudku artikel kali ini kita akan membahas tentang Plugin Wordpress yang wajib Anda install versi Cloudku. WordPress menyediakan lebih dari 55.000 pilihan plugin yang bisa Anda unduh dengan bebas, belum lagi semua produk premium yang tersedia. Banyak hal dapat Anda temukan di sini, mulai dari widget, SEO, galeri, hingga toko online. Tentu saja Anda tidak perlu menginstal semuanya pada website. Anda cukup menginstal plugin WordPress terbaik dan berguna bagi website Anda, mungkin bagi Anda cukup sulit untuk menentukan plugin dari begitu banyak pilihan.

Jadi, jangan khawatir kami akan memberikan beberapa referensi plugin yang wajib anda install di Wordpress Anda. Kami juga menyertakan beberapa opsi untuk semua plugin mulai dari caching, optimasi gambar hingga keamanan dan lain-lain. Jika Anda masih awam mengenai Wordpress, atau malah belum pernah menggunakannya sama sekali, bisa jadi penggunaan plugin masih terasa asing. Pilihan plugin yang sangat beragam memang menawarkan kebebasan kustomisasi untuk Anda. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin ini malah akan membingungkan Anda.

Melalui pembahasan kali ini, kami ingin menghadirkan deretan plugin Wordpress terbaik yang perlu Anda instal ketika memulai website. Namun sebelumnya Anda juga harus memastikan bahwa hosting dengan Wordpress sudah terinstal. Berikut adalah beberapa referensi plugin yang wajib Anda Install:
1. Jetpack

b6a702559c359f8ab68c5b4f36e371754c1106de?t=a801723f24d69f7cd9d02a9300d595cf
Jetpack merupakan plugin yang didesain oleh developer WordPress untuk membantu Anda meningkatkan lebih banyak traffic online, mengamankan website Anda, mengawasi performa situs, dan lain-lain. Jetpack menawarkan sejumlah modul yang dapat diaktifkan (atau tidak), dan menjadi salah satu piihan bagi Anda yang ingin menambahkan fungsionalitas WordPress.
Fitur inti Jetpack sepenuhnya gratis. Versi premiumnya menawarkan backup dan scanning keamanan tambahan bersamaan dengan segudang fitur lainnya.
Fitur Utama:
• Menganalisis dan membuat statistik website.
• Mengamankan website Anda.
• Mengawasi downtime dan uptime website.
• Memungkinkan pengunjung web berinteraksi dengan Anda dan konten Anda melalui media sosial, komentar tingkat lanjut, dan formulir kontak yang menarik.
Disarankan untuk Anda, Apabila Anda menginginkan fungsionalitas yang mudah digunakan, maka Jetpack adalah pilihan yang ideal.

2. Yoast SEO

0ddb96137f82ec1a579b3fa67cc0dc80a28bdc19?t=1c283066fe5971e64d111a1ebc6841a7
Diklaim sebagai plugin WordPress terbaik untuk Optimasi Mesin Pencari (SEO), Yoast SEO didesain untuk membantu Anda menerbitkan konten yang berkualitas tinggi dan dioptimalkan untuk pencarian. Karena cakupan SEO terkadang berubah-ubah, penting bagi Anda untuk menginstall plugin terbaik agar selalu terdepan.
Sistem operasi Yoast SEO digambarkan seperti sistem traffic light yang unik. Sistem ini menunjukkan bagaimana konten yang Anda tulis ditampilkan di mesin pencari. Selain itu, Anda pun dapat menilai kualitas post yang berarti bukan hanya mesin pencari saja yang mudah membaca artikel Anda, tetapi juga pembaca atau pengunjung situs Anda.
Meskipun Yoast SEO merupakan plugin yang sepenuhnya gratis, Anda bisa mendapatkan versi premiumnya yang dihargai mulai dari $69
Fitur Utama:
• Menganalisa halaman dan post WordPress serta mengidentifikasi kelemahan SEO.
• Memperbarui halaman hasil analisis pada saat perubahan SEO yang sesuai dibuat.
• Membuat XML Sitemap.
• Membuat breadcrumbs pada tema WordPress yang kompatibel.
Disarankan untuk Anda, pengguna yang ingin membuat konten tampil di halaman pertama mesin pencari terpopuler.

3. W3 Total Cache

b5f1309d4bfa3c8bd6731da46755104d297e55bd?t=b74ffd070a5f6339ebfab671dba017ad
Website dengan performa lambat hanya akan memberi pengaruh buruk pada traffic dan juga penjualan Anda. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya install plugin, seperti W3 Total Cache. Singkatnya, plugin ini menyimpan versi halaman situs Anda di komputer pengunjung web Anda.
Hal ini membuat situs Anda me-loading lebih cepat saat pengunjung tersebut kembali membuka situs Anda. Plugin ini digunakan untuk meningkatkan kecepatan browser.
Plugin ini mempunyai beberapa keunggulan yaitu antara lain kompatibel dengan berbagai fitur dan server hosting, Cache sebagian besar elemen website Wordpress. Disarankan untuk Anda yang ingin meningkatkan kecepatan website.

4. Contact Form 7

16228e61cedeb1af1cd46e1d42b0f47fbfc35213?t=fdd1e23ceba902db29c3ef3afac966f3
Formulir kontak merupakan metode terbaik untuk mengaktifkan percakapan dengan pengguna situs Anda dan pelanggan potensial. Perlu diingat, plugin Contact Form 7 memungkinkan Anda untuk menambahan satu atau lebih form yang dimodifikasi ke website WordPress Anda.
Desain Contact Form 7 memudahkan Anda untuk menangani permintaan pelanggan, saran, dan pesan lain yang disampaikan lewat website. Di samping itu, dengan kemampuannya mendukung sistem CAPTCHA, Akismet, dan submission yang didukung oleh Ajax, keamanan situs Anda tidak akan tergoyahkan. Kotak masuk pesan Anda pun bebas dari spam.
Fitur Utama:
• Memungkinkan Anda untuk mengelola berbagai formulir kontak WordPress.
• Menawarkan kustomisasi formulir kontak.
• Membantu mencegah spam yang menggunakan CAPTCHA dan Akismet.
Disarankan Untuk Anda yang ingin menampilkan formulir kontak yang menarik tanpa mengorbankan fungsionalitas dan keamanan.

5. Updraft Plus

f828a99a22d96d7d8e5562d599be463793bded67?t=70f2cee687526904cf9b0d70bcb2f58d
Backup merupakan suatu keharusan bagi semua pemilik website, dan mencari fitur terbaik terkait hal ini adalah pekerjaan pertama Anda setelah membuat website online. UpdraftPlus adalah salah satu plugin backup terpopuler yang pernah ada.
Plugin WordPress terbaik ini menyediakan backup terjadwal dan otomatis out of the box ke berbagai opsi penyimpanan, seperti email, Google Drive, dan Dropbox. Baik backup maupun pemulihan (restoration) dapat dijalankan dengan sekali klik, dan para developer telah memastikan bahwa resource yang digunakan oleh plugin berjumlah sedikit. Pun tersedia versi premium dari plugin ini yang memungkinkan Anda untuk menambahkan opsi penyimpanan lebih lanjut bersamaan dengan fitur-fitur lainnya.
Fitur Utama:
• Melakukan backup dan restore situs hanya dengan sekali klik.
• Menyediakan backup otomatis yang terjadwal.
• Memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai lokasi penyimanan.

6. Imagify Image Optimizer

c4d4f18dd5e7dd849c9b59b9a96c4c2a769b4831?t=45b5e652ed15bd90e75c417562be3269
Meskipun membuka situs di mobile version saat ini sudah banyak dilakukan, kecepatan loading website yang melambat hanya akan membawa pengaruh buruk pada website Anda. Gambar dengan ukuran file besar seringkali menjadi penyebab utamanya. Karena itulah, fitur seperti Imagify Image Optimizer sangat penting untuk mengurangi ukuran halaman (yang berakibat pada kecepatan performa).
Plugin WordPress gratis ini hampir sepenuhnya bekerja secara otomatis, dalam hal memindai dan mengoptimalkan gambar apa pun yang ada di WordPress Media Library. Sayangnya, ada batasan jumlah gambar yang dapat dioptimalkan secara gratis. Apabila menginginkan yang lebih, gunakan berbagai layanan premium dari Imagify Image Optimizer.
Fitur Utama:
• Meng-compress gambar website berdasarkan pada tiga algoritma.
• Me-restore gambar ke ukuran awal setelah melakukan uninstall.
• Secara otomatis mengoptimalkan gambar di dalam Media Library.
Disarankan Untuk Anda yang mengkhawatirkan kecepatan loading halaman website, atau apabila Anda menawarkan website yang berfokus pada media, maka Imagify Image Optimizer adalah pilihan ideal.

7. Migrate Guru

c06a439dad44d4ca70e98945519e73edffd58658?t=8521bbed020dfecaacd77b01b1f3b5e2
Migrate Guru merupakan plugin migrasi WordPress yang otomatis dan gratis. Plugin ini menawarkan cara yang rapi, mulus, dan dapat diandalkan untuk memindahkan situs WordPress apa pun atau jaringan multisite WordPress.
Plugin ini diaktifkan di server BlogVault (tim di balik plugin Migrate Guru). Dengan diaktifkannya di server eksternal, Migrate Guru tidak akan membuat situs WordPress overload dan memastikan bahwa situs yang memiliki kapasitas sebesar 200GB dapat dipindahkan atau ditransfer tanpa masalah. Di samping itu, proses untuk menjalankan plugin ini sangatlah mudah, hanya dalam tiga langkah, bahkan untuk pemula WordPress. Fitur utama plugin ini yaitu Dapat memindahkan website yang memiliki ruang penyimpanan sebesar 200GB, Berfungsi di server eksternal, dan Mudah digunakan.

8. Woo Commerce

7578e470f398f528e3298301280500d621287c2e?t=57803699b9fd68b8f09aae29d636fc94
Digunakan oleh hampir sepertiga website e-commerce, WooCommerce merupakan salah satu plugin WordPress terbaik dan terpopuler di antara para pengguna situs yang hendak mendirikan toko online. Plugin e-commerce ini memudahkan pemilik situs untuk melakukan penjualan berbagai macam produk fisik dan digital ke pelanggan di seluruh dunia. Plugin ini juga memuat ekstensi library yang banyak dengan berbagai kisaran harga.
Selain memberikan kenyamanan pada 51% warga Amerika saat berbelanja online, memiliki pondasi yang kuat dengan memilih WooCommerce merupakan kunci keberhasilan toko online Anda.
Fitur Utama:
• Berintegrasi dengan berbagai ekstensi dan plugin lainnya.
• Mudah untuk di-setup atau diinstall.
• Menerima berbagai opsi pembayaran.
• Menawarkan struktur yang mudah digunakan oleh developer.
Disarankan Untuk Anda yang ingin menjual produk atau layanan melalui website WordPress mereka.

Kesimpulan
Dengan adanya berbagai opsi plugin yang tersedia, Anda mungkin akan merasa kesulitan pada saat memilih plugin WordPress terbaik. Jika memilih plugin yang salah, maka konsekuensinya website dan peningkatan traffic akan memburuk.
Namun, dengan adanya referensi yang kita berikan kami berharap dapat membantu para Cloudku untuk dapat menentukan dan menggunakan plugin yang terbaik untuk Wordpress Anda. Kami juga memiliki layanan yang Management Wordpress yang dimana dapat membuat Website Anda lebih cepat dan ringan dengan menggunakan plugin yang premium sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai performa Website Anda.

Share via

Related Articles

© Support Cloudku